Dewan Kesenian Luncurkan Logo Banjarmasin Art Week 2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 05 Oktober 2022

Dewan Kesenian Luncurkan Logo Banjarmasin Art Week 2022

BERITABANJARMASIN.COM -  Dewan Kesenian (DK) Banjarmasin luncurkan logo
Banjarmasin Art Week (BAW), Rabu (5/10/2022).  

Rencananya BAW berkonsep pasar seni tersebut akan diadakan 4--10 November 2022 di Siring Menara Pandang Banjarmasin bertema “Jukung Barenteng”. 

Ketua DK Banjarmasin, Hajriansyah menjelaskan, pelaksanaan BAW diharapkan mampu memantik gairah berkesenian. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai geliat seni di kota seribu sungai. "Sementara ini panitia masih menggodok persiapan agenda itu," kata kandidat doktoral UIN Antasari itu.

Sementara itu, desainer logo BAW, Rizky A Setiawan yang juga pengurus DK Banjarmasin memaparkan secara garis besar, logo BAW tahun ini berbentuk seperti kembang yang berarti lambang keindahan.

Menurut lelaki yang akrab disapa Iki ini, bentuk logo terinspirasi dari foto populer yang menggambarkan jukung-jukung pasar terapung membentuk formasi seperti kembang. Tak hanya sampai di situ, dalam logo tersebut juga disematkan beberapa detail. 

Pemilihan warna dalam logo diambil dari enam warna alami yang biasa digunakan sebagai pewarna kain Sasirangan, yakni kuning agak jingga (kuning janar), hijau, ungu, coklat, merah, dan hitam (dibagian logo type/tulisan).

"Pada kelopak bagian atas disematkan ornamen yang berbentuk anyaman tikar purun, ornamen tersebut bermakna solid dan kebersamaan," urainya.

Kelopak berwarna hijau, tambahnya, terdapat corak sasirangan kreasi berupa pucuk bambu (pucuk rabung). Ornamen tersebut bermakna tumbuh.

Kelopak berwarna ungu disematkan dengan motif sasirangan ombak sinapur karang berarti ketangguhan/ketahanan.

Kemudian yang berwarna coklat diberi detail berupa daun sirih biasa digunakan untuk manginang. "Motif tersebut bermakna pemersatu/cinta kasih," tegas ia.

Kelopak merah mengilustrasikan jukung dikayuh oleh seorang yang mengenakan topi tanggui (tudung kepala berbentuk bundar, biasanya terbuat dari daun nipah atau rumbia). Kelopak tersebut mengarah ke bagian kanan atas, berarti menuju ke arah yang terbaik. (rzk/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner